Ampera Raya

Jakarta adalah kota metropolitan yang penduduk nya berasa dari multi kultur, hal ini berimbas kepada beragam nya jenis kuliner  di Jakarta. Coba sebut, makanan apa yang tidak bisa kita temui di Jakarta ? hampir semua  makanan khas daerah ada di Jakarta. Untuk rasa nya pun terkadang  kuliner daerah ini ikut menyesuaikan dengan “lidah Jakarta”.

Oleh karena itu, ioflife berusaha menyambangi kantong – kantong kuliner yang ada di Jakarta, yang masuk ke dalam kategori  “Pinggir Jalan” atau “Kaki Lima”.  Di mulai dari lokasi kami tinggal dan melakukan aktivitas kerja.  Semoga kedepan nya kami bisa menyambangi di lima penjuru Jakarta yaitu Selatan, Barat, Timur dan utara Jakarta.  Pemilihan tempat makan berdasarkan ke populeran, nilai historis dan kelezatan rasa.

Berikut List kuliner di Jalan Ampera Raya, Jeruk Purut Kemang dan Duren tiga.

 

1. Bakmi Jogja Mbah Surip

Jl. Ampera Raya no.99B

Jakarta Selatan

Telp : 021 7090657

Bakmi  Jogja  Mbah surip cukup terkenal  di Wilayah Jakarta Selatan.  Ditangan para kokinya bakmi menjadi cita rasa istimewa  yang siap mengundang selera siapa pun.  Hampir setiap pecinta bakmi Jogja yang tinggal di Jakarta, mengenal warung mie satu ini.

Bakmi Jogja Mbah Surip_Memasak

Proses memasak mie nya masih traditional, yaitu menggunakan bahan bakar arang membuat kita harus memiliki kesabaran yang extra untuk dapat menikmati satu mangkok Bakmi Jogya Mbah surip. Terdapat beberapa pilihan menu yang dapat kita coba,yaitu mie rebus dan mie goreng dan kita juga dapat minta extra topping, yaitu taburan irisan daging ayam atau hati ayam.

Bakmi Jogja Mbah Surip_Special 1

Kalau ingin merasakan keaslian bakmi jawa ini, pesan lah bakmi godok atau bakmi rebus. Lalu seduhlah kuahnya.Harum danGurih.Kuah mie rebus bertekstur encer.Ciri khasnya adalah penggunaan kemiri dan ebi pada campuran kuah.Bakmi Jogja Terdiri dari Bakmi kuning ,bihun putih, potongan kol , campuran telur ayam dan taburan bawang goreng. Biasanya sebagai pelengkap ditambahakan juga acar timun, bawang dan cabe rawit, tidak lupa kerupuk udang.

Warung Bakmi Jogja Mbah surip berada di jalan ampera, kawasan yang cukup ramai di Jakarta Selatan buka mulai pukul 12 siang hingga 1 dini hari. Mbah Surip tidak membuka cabang untuk warung bakmi nya ini.

 

2. Sate Kambing Ibu Yanti

Jl. PLN durentiga

Jakarta Selatan

Telp: 021 798625

Di Jakarta, menu sate kambing dapat dengan mudah ditemui, baik itu di kedai tepi jalan hingga restoran berbintang.  Jangan heran kalau yang suka  masakan kambing  dapat dengan mudah mencari tempat berburu makanan ini. Salah satunya adalah kedai Ibu Yanti di bilangan Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Sate Kambing Ibu Yanti_warung

Pemilik rumah makan sate kambing Ibu Yanti bernama Masuni, rumah makan ini berdiri sejak tahun 1965. Menu terpopulernya adalah sate kambing, ada dua pilihan sambal untuk makan sate ini,  yaitu sambal kacang dan sambal kecap dengan irisan acar tomat dan cabe rawit.  Selain itu,  terdapat  juga menu  sate ayam, sop  kambing  dan gule kambing. Kalau kesini biasanya saya selalu memesan sate kambing  dan sop kambing nya.

Sate Kambing Ibu Yanti_sate kambing

Rumah makan sate kambung Ibu Yanti ini terkenal juga dengan sebutan sate kambing Slank, karena memang lokasi sate kambing Ibu Yanti berada dekat dengan  markas slank di Jalan Potlot  Duren Tiga  Jakarta Selatan. Biasanya para penggemar dan para artis yang akan ke gang Potlot akan mampir dulu ke sate kambing Ibu Yanti. Saking  rame nya pengunjung rumah makan ini, dalam satu hari rumah makan sate kambing Ibu Yanti harus harus menyiapkan enam ekor kambing untuk sate, sop, dan gulenya.

 

3. Waroeng  Solo

 Jl. Madrasah no. 14

Jeruk Purut CilandakTimur

Jakarta Selatan

021 – 78843144

Waroeng Solo, restoran yang berada di sekitar Kebun Jeruk Purut ini dari luar tampilannya lebih mirip seperti sebuah rumah Joglo khas Jawa daripada sebuah restoran.  Masuk ke dalam, Anda akan disambut dengan meja kayu besar yang dikelilingi kursi panjang, sementara di atas meja tersaji aneka hidangan yang siap untuk diracik. Suasana di dalam pun asik, dengan interior rumah jawa tradisional terasa nyaman dan hangat Persis seperti  di rumah sendiri.

Waroeng Solo

Menu yang ditawarkan tentu saja menu khas Solo seperti : Ayam opor, bistik, baso kampung, botok telor asin, garang asem, mangut, sambal bawang, nasi goreng sambal bawang, nasi liwet ayam suwir dan timlo.

Waroeng Solo_Nasi goreng Jawa

 Salah satu menu favorite mereka adalah nasi goreng Jawa. Nasi Goreng Khas jawa  terbuat dari bumbu yang sederhana seperti bawang merah , bawang putih, cabai merah dan terasi . sebagai pelengkap biasa ditambahkan  acar, telor rebus atau goreng dan irisan tomat.

Rumah Joglo_kremes

Untuk makanan kecil nya kita juga bisa menikmati jajanan khas Solo seperti garang asem, kremes serabi bahkan kremes dan minuman jadul Ber merk Badak.

Rumah Joglo_Pisang goreng

Warung solo sudah berdiri sejak  lima tahun yang lalu, buka dari pukul 10 pagi hinggal 10 malam.  Tempat ini merupakan lokasi favorite saya menghabiskan minggu sore, saya biasa nya memesan jajanan kecil nya dengan secangkir  wedang jahe, ambil posisi duduk di teras sambil menikmati udara sore yang sejuk.



2 responses to “Ampera Raya”

  1. Etu says:

    mungkin bisa ditambahin Warung Jogja, warteg sebrangnya Warung Solo. enak juga. salam.

  2. Febee says:

    Waah thanks yah Info nya…jadi penasaran sama Warung Jogja ini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *