Nasi Bakar Teri

nasibakar Waktu ada temen kantor yang lagi ultah, dia membawa nasi bakar untuk untuk kita santap ramai-ramai. Rasa nasi bakarnya mendapat pujian satu kantor. Rasa legit dari nasi membuat kita penasaran, jadi pengen nambah lagi…hihhihii… Sayang udah di jatahin satu orang satu nasi bakar. Thanks Anton buat nasi bakar nya yang enak.

Karna rasa penasaran itu saya jadi  pingin coba bikin sendiri, masa siihh gak bisa bikin nasi bakar, Kebetulan di majalah SEDAP edisi lebaran yang saya beli ada resep nasi bakar ikan teri ini.

Untuk langkah awal, beras putih nya di aron dan di kukus persis seperti memasak nasi uduk. Saya selalu menambahkan banyak serei dan daun salam ke aronan nasi biar nasi nya wangi. Untuk santan nya jangan terlalu kental karena nasi akan di siram areh nanti nya. Buat saya, hambatan paling besar membuat nasi bakar ini adalah pada saat membungkus nya, karena saya gak punya ilmu bungkus membungkus ini. Tapi untung ada mbak yang bisa membantu saya membungkus. Setelah semua dibungkus, nasi siap di bakar. Saya membakar nya cukup dengen Teflon di atas kompor gas.

Rasa nya enak juga untuk pemula seperti saya. Harum daun pisang hasil pembakaran menambah nikmat nasi ini. Rasa gurih dari santan areh bercampur dengan teri medan dan petai dan wangi nya daun kemangi. Enak di santap pada waktu hangat. Selamat mencoba.

Nasi Bakar Teri

Bahan Nasi
2.500 gr beras, cuci bersih
5 liter santan dari 2 1/2 butir kelapa
20 lembar daun salam
20 batang serai,diambil putihnya lalu dimemarkan
15 butir cengkeh
2 1/2 sdm garam
250 gr daun kemangi

Bahan Kuah Areh
1.500 ml santan dari 2 1/2 butir kelapa,
1 1/4 sdm garam

Bahan Tumisan
100 gr bawang putih diiris tipis
250 gr bawang merah , diiris tipis
150 gr cabai merah besar, buang bijinya, iris tipis
150 gr cabai hijau besar, buang bijinya, iris tipis
75   gr cabai rawit merah utuh,
5     lembar daun salam
50   gr lengkuas, memarkan
50   buah mata petai diiris panjang
1 kg teri nasi, cuci bersih, ditiriskan, goreng
2 1/2 sdt gula pasir
150 gr minyak untuk menumis

Cara membuat:
Nasi: rebus santan, daun salam, serai, cengkeh, garam, dan gula pasir sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan beras. Aduk sampai meresap. Kukus 40 menit sampai matang.

Tumisan: Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, cabai hijau besar, cabai rawit merah utuh, daun salam, lengkuas, dan petai sampai harum. Masukkan teri Nasi dan gula pasir, masak samapi meresap.
Kuah Areh: Rebus santan dan garam sambil diaduk dengan api kecil sampai kental.
Nasi Bakar : Ambil nasi, isi tumisan, tutup dengan nasi, bentuk kotak, sendokkan kuah areh diatasnya dna beri beberapa lemabr daun kemangi.  Bungkus dengan daun pisang, semat dengan lidi, bakar hingga harum.



4 responses to “Nasi Bakar Teri”

  1. V says:

    Thanks Feb. Gue selalu penasaran sama si nasi bakar ini. Gue tadinya kira kayak bikin bacang: yg dimasukin ke dlm daun pisang itu beras + air dikukus kemudian baru dipanggang.

  2. Febee says:

    @V, Di coba ya, btw susah ga sih cari daun pisang disana?

  3. Gildo says:

    Kelihatan enak. Nanti kalau ke Indonesia saya mau coba.
    Disini juga susah cari daun pisang ¿kenapa ya?.
    Salam

  4. LILY says:

    ijin nyobain resepnya ya mba…. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *