Chiffon Cake Ketan Hitam

Shifon_s

Kalau ditanya sejak kapan tepat nya saya punya hobby masak ? saya gak bisa menjawab nya, karena saya sendiri juga gak tau kapan semua itu bermula. Tapi yang pasti, si Febi kecil selalu di “paksa” oleh sang mama untuk membantu beliau memasak di dapur. Di mulai dari hanya sekedar mengaduk masakan, membuka bawang, terus naik kelas dengan di perbolehkan menggoreng dan ngulek cabe. Mungkin semua berawal dari sana.

Mungkin juga hoby masak saya itu merupakan kolaborasi dengan hoby makan saya, jadi klop. Singkat cerita, sekarang saya jadi rajin mengoleksi buku-buku resep masakan. Dan hampir di setiap akhir pekan saya mencoba-coba resep-resep dari buku-buku tersebut. Rasanya ada kepuasan sendiri jika saya berhasil menakluk kan sebuah resep.

Sekarang saya lagi senang masak berdasarkan daerah  atau negara. Contoh nya saya memasak beberapa buah menu manado di sebuah sabtu dan beberapa minggu yang lalu saya peraktek masakan dari negri jepang untuk makan siang saya sekaligus saya menyulap meja makan saya ala jejepunan. Kemarin saya baru membeli buku masak India, sekarang saya lagi bayangin Samosa, nasi briyani dan ayam tandory dan siap-siap menyulap meja makan saya dengan ala indihe..ehe…ehe…

Diantara semua keberhasilan itu pasti terselip juga kegagalan saya. Mulai dari yang rasanya berantakan sampai yang benar-benar gagal total hingga harus dibuang semua bahan. Menurut pengalaman saya, biasanya kegagalan itu bisa disebabkan karena salah resep ( makanya beli buku resep nya yang sudah teruji), kurang teliti baca resep, sok tau (merasa lebih hebat dari si resep nya sendiri), pelit (dengan mengurangi bahan yang semesti nya ada) dan yang terakhir mungkin karena peralatan masak nya yang gak bener ( contoh nya mixer pengocok yang udah ketinggalan jaman).

Dan baru minggu lalu saya mengalami kegagalan itu. Rencana nya liburan Idul Adha kemarin akan saya isi dengan memperaktekan beberapa resep. Hari pertama jatuh pilihan kepada resep Pennylane’s chocolate cookies dari web NCC. Sudah terbayang-bayang crunchi nya si choco cookies, ternyata oh ternyata bencana itu datang setelah adonan di masukan kedalam oven, saya kaget bukan kepalang waktu mengintip kedalam oven, barisan adonan yang tersusun rapih di loyang meleber membentuk suatu kesatuan ( padahal udah di buat jarak antar adonan) sehingga lebih menyerupai adonan jenang yang pipih, atau lebih tepat nya menyerupai peta indonesia. Sedih nya bukan kepalang.

Walau hati hancur, semangat gak boleh padam, dengan mengais-ngais sisa semangat yang masih ada, saya tetap melanjutkan peraktek yang kedua yaitu Chiffon Ketan Hitam. Agak deg-degan juga nih dengan chiffon ini, mengigat kue ini termasuk susah dibuat, jangan sampai gagal lagi nih peraktek saya di long wiken ini. Tapi setelah melihat hasil nya, chiffon mengembang dengan cantik nya dan soal rasa ?  gak ada yang meragukan dengan resep-resep NCC kan ? jadilah saya menamakan chiffon ketan hitam ini si chiffong ketan hitam pelipur, lupa deh kejadian hari sebelumnya yang niat nya mau bikin choco cookies kok jadi nya jenang gosong.  *Resep Chiffon Ketan Hitam ini saya contek dari web nya NCC*

Chiffon Cake Ketan Hitam

Bahan A:
160 gr   kuning telur
75 gr     gula kastor
1 sdt     vanilli

Bahan B:
240 gr   putih telur
125 gr   gula kastor
1 sdt     garam

Bahan C:
50 gr     tepung terigu protein sedang
100 gr   tepung ketan hitam
1 sdt     Baking Powder Double Acting

Bahan D:
150 ml  santan kental instant
3 sdm   minyak sayur

Cara membuatnya:

1. kocok bahan A hingga kental, sisihkan. Dengan mixer bersih lain, kocok bahan B hingga kaku.

2. Tuang adonan B kedalam adonan A secara bertahap sambil diaduk hingga rata.

3. Ayak Bahan C, tuang kedalam adonan pertama, aduk rata. Tuangi bahan D, aduk balik hingga rata.

4. Tuang adonan kedalam loyang Chiffon yang telah dialas kertas, oven dengan suhu 200’C selama 20 menit, lanjutkan dengan suhu 150’C selama 30 menit lagi hingga matang.

5. Angkat, balik loyang diatas alas kue, biarkan dingin. Lepaskan dari loyang, potong-potong.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *