RM Tauto Pekalongan Nino

Jangan  ngaku jago makan kalau belum pernah ikut bersama saya, ichil dan beberapa orang temen tour kuliner sehari penuh. Kenapa begitu ? karena memang acara kulineran sehari penuh ini merupakan “cobaan” banget buat orang yang gak doyan makan. Coba bayangkan, dari awal bertemu di pagi hari sampai berpisah di malam hari isi nya hanya makan..makan..dan makan.

Papan Nama Tauto nino

Seperti hari sabtu kemarin, saya, Ichil, Nath, Nita dan Ruth janjian untuk kulineran bareng. Tempat persinggahan pertama kami adalah rumah makan Tauto Pekalongan di Depan Pasar PSPT Tebet, ide nya berasal dari Ruth yang memang udah lama penasaran dengan Rumah makan ini.

Sesuai dengan nama nya, Tauto Pekalongan, rumah makan ini menjual berbagai macam makanan khas pekalongan, seperti : Tauto / Soto Pekalongan, Nasi Megono, Sotong / Cumi, Sayur Lodeh Bongkre,Tumis Tauco, Tempe Mendoan, untuk minuman nya ada teh poci dan kopi bumbu. Selain mejual makanan khas Pekalongan, dijual juga makanan seperti sayur asam, soto ayam dan nasi goreng.

Tauto lontong Nino

Jujur saja ini adalah pengalaman pertama saya makan  Tauto + Lontong  (Rp.23.000 ) yang kalau saya tebak artinya taucho  soto, karena memang makanan ini adalah soto daging yang di dalam kuah nya terdapat campuran taucho, walau begitu rasa toucho tidak mendominasi, kaldu sapi dan komposisi bumbu serasi mendampingi sehingga menimbulkan rasa segar dalam tiap suap nya. Kesan pertama saya makan tauto bisa dibilang menyenangkan. Saya baru tau ternyata selain medan dan cianjur, ternyata pekalongan juga penghasil toucho yang enak.

 

Sotong hitam Nino

Masakan lain yang kami coba adalah Sotong hitam (Rp.22.000) dari nama nya saja sudah dapat dipastikan masakan ini terbuat dari cumi-cumi, berwarna hitam karena memang tinta hitam yang berasal dari cumi, sengaja tidak dibuang, tita hitam inilah yang dijadikan bahan utama untuk kuah, bercampur dengan bahan-bahan seperti bawang merah,bawang putih, serai, lengkuas dan cabai. Butuh keahlian khusus untuk membuat masakan ini, karena pada saat mencuci cumi perlu tips tersendiri agar kantung tinta hitam cumi tetap utuh. Untuk rasa, saya sama sekali tidak menemukan jejak amis dari tinta cumi, yang ada sensasi kelezatan tiada tara. Ini bukan yang pertama saya mencicipi masakan ini, sebelumnya saya sudah pernah mencoba masakan sotong itam ini dari  Cirebon, dari penampakan dan rasa sih sama, tapi menurut teman yang berasal dari Cirebon perbedaan nya terletak dari jenis cumi yang digunakan, biasanya sotong hitam dari Cirebon menggunakan bahan dasar  blakutak, jenis cumi ukuran kecil yang pada bagian belakangnya terdapat tempurung, kalau dimasak tekstur nya lebih empuk dibandingkan dengan Sotong hitam pekalongan yang menggunakan cumi biasa berbentuk panjang.

Megono Nino

Bukan rumah makan Pekalongan nama nya kalau tidak menjual menu Nasi Megono, karena memang masakan yang terbuat dari nangka muda ini merupakan icon kuliner kota Pekalongan. Saya cukup terkejut ketika pertama kali mencicipi masakan ini, lidah saya mengenali rasa bunga kecombrang diantara bumbu-bumbu yang lain, selama ini  saya mengenal bunga kecombrang hanya di masakan dari Sumatra utara saja, ternyata saya salah, di pekalongan yang lokasinya sangat jauh dari pekalongan pun ternyata ada masakan yang menggunakan bunga kecombrang.

Nasi Megono Komplit

Nasi Megono ini memang paling pantas jika disandingkan dengan nasi hangat, balado telur, ikan asin, sambal terasi dan tempe mendoan hangat.

Untuk cemilan nya kami memesan tempe mendoan (Rp.2000/buah). Tidak ada yang istimewa dengan gorengan tempe nya, tapi kami semua suka sekali dengan sambel kecap cabe rawit nya, kata Bapak pemilik rumah makan, kecap nya memang di import langsung dari pekalongan.

Mendoan Tauto Nino

Tentu saja teman paling ideal untuk semua masakan yang kami pesan tadi adalah secangkir teh poci hangat dengan tambahan gula batu (Rp.10.000).

Teh Poci Tauto Nino

Buat perantau yang berasal dari Pekalongan, sebagai pengobat rindu akan makanan kampung halaman boleh lah singgah ke rumah makan Tauto Pekalongan di Tebet ini. Karena ini merupakan kunjungan pertama saya di rumah makan Pekalongan, maka saya tidak bisa bilang bahwa rumah makan Tauto Pekalongan Nino di tebet ini adalah juaranya, tetapi saya jadi ingin menggali lebih jauh tentang kuliner pekalongan ini, yang menurut saya sangat menarik. Masakan Indonesia darimana pun asal daerah nya semua menarik menurut saya.

Menu Nasi Megono Nino

Oh iya, persinggahan kami di rumah makanTauto Pekalongan ini adalah persinggahan pertama dari panjangnya daftar tempat makan yang akan kami sambangi hari ini, ada yang berniat untuk bergabung ? dijamin perut kenyang dan hati senang 🙂

 

Tauto Pekalongan Nino

Jl. Tebet timur Dalam Raya no.3  Jakarta Selatan

(Depan Pasar PSPT / sebelah Bank Panin )

Telp (021) 89.77.72

 



8 responses to “RM Tauto Pekalongan Nino”

  1. Dino says:

    Yuk, ke Pekalongan, saya antar keliling kuliner hohoho

  2. Febee says:

    Bener niih…dari skrg siapin list nya doong 🙂

  3. arie says:

    Bapaknya belagu 🙂 so so Pekalongan food , cukup beda ama aslinya, gimana menurut wong kalongan Dino? 🙂

  4. Febee says:

    hahaha..iyaa rie..Si Nat sampe ngambegh tuh sama bapak nya krn dicuekin waktu mau order. Jadi, rumah pekalongan yang enak itu dimana di Jakarta ?

  5. irene says:

    Feb mau dong diajak kulineran! mau tau makanan Indo lebih banyaaaak! hehe 🙂

  6. Febee says:

    Halo Irene, yokk kulineran bareng 🙂

  7. aziz milanisti says:

    yg asli dipekalongan ada yg mntap jg, warung makan nasi megono pak bon tepatnya di jl h.agus salim pekalongan,,menunya komplit ada garang asem,rendang daging,otot,usus,cumi item,kerang putih,lidah sapi,sayur lodeh merah dan tentu megono yg menurut saya paling enak dipekalongan

  8. ariyani says:

    Kalo tauto pekalongan, gak ada yang lebih mantap ketimbang Tauto Pekalongan PPIP. Mantap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *