Mr. Takoyaki

Bagi muda-mudi angkatan tahun 1990 an yang gaul di daerah Blok -m, pasti lah kenal dengan si Mr. Takoyaki ini. Mr. Takoyaki adalah penjual takoyaki legendaris  yang “mangkal” di kawasan blok m. Menurut cerita yang beredar, Mr Takoyaki sudah berjualan di blok m sejak tahun 1989 dan awal nya Mr. Takoyaki berjualan dengan menggunakan mobil yang parkir di deretan restoran-restoran jepang di bilangan melawai.

takoyaki Melawai Jakarta

Takoyaki adalah makanan yang berasal dari Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu dan diisi potongan Gurita di dalamnya. Kalo di Jepang nya sendiri, Takoyaki biasanya dijual sebagai panganan pinggir jalan yang dinikmati sebagai cemilan, mungkin kalau di Indonesia sama seperti gorengan yang bisa kita temui di pedagang asongan pingir jalan. Dalam tiap porsi Takoyaki, kita akan mendapatkan beberapa buah bola-bola tepung yang permukaan nya diolesi dengan saus khusus untuk takoyaki dan di taburi katsuobushi (Makanan awetan berbahan baku ikan yang berbentuk seperti serutan kayu) lalu kalau kita suka bisa juga ditambahkan dengan mayones, dan untuk menyamarkan rasa amis yang ditimbulkan oleh octopus, pada isian bulatan-bulatan tepung takoyaki, kita juga menjumpai irisan jahe berwarna pink yang disebut Soga. Sebagai alat untuk makan nya, biasanya penjual memberi kita tusuk gigi bukan sendok.

mr.takoyaki, Melawai Jakarta

Perkenalan saya dengan makanan khas Jepang yang satu ini memang berawal dari si Mr. Takoyaki ini. Karena di jaman saya kecil dulu keberadaan penjual takoyaki belum banyak seperti sekarang ini.  Beruntung Lokasi sekolah saya yang berdekatan dengan blok- m membuat saya bisa bertemu dengan Mr. Takoyaki dan karena rasanya yang cocok dengan lidah saya sehingga saya langsung jatuh cinta dengan Mr. Takoyaki.

Dengan berjalan nya waktu, saya sudah mulai jarang menyambangi Mr. takoyaki. Pernah  suatu hari saya kembali datang untuk bernostalgia dengan Mr. Takoyaki, tapi saya tidak menemukan mobil Mr. Takoyaki lagi . Saya berpikir mungkin Mr. Takoyaki tidak berjualan lagi. Tapi betapa senang nya saya ketika membaca cerita di milis JalanSutra kalau Mr. Takoyaki is Back. Memang untuk beberapa waktu Mr. Takoyaki tidak berjualan lagi, karena ada larangan berjualan di mobil dan parkir di kawasan Blok M.

Mungkin karena penggemar Mr. Takoyaki cukup banyak, maka Mr. Takoyaki memutuskan untuk membuka kembali  kedai nya, tapi kali ini Mr. Takoyaki tidak berjualan di mobil lagi, tapi menyewa tempat kecil di dalam sebuah rumah makan padang, tidak jauh dari tempat jualan nya yang lama. Waktu saya datang, saya merasa sedikit aneh, makan masakan Jepang kok di dalam restoran padang lengkap dengan aroma rendang dan gulai padang nya. Karena posisi jualan nya yang berada di dalam RM Padang juga membuat orang sulit mencari nya, hanya sebuah lampion kecil dan tulisan kanji yang digunakan sebagai penanda keberadaan si Mr. Takoyaki.

sang penjual, Melawai Jakarta

Ada sedikit cerita unik yang saya dapat dari penjual Mr. Takoyaki. Jadi ceritanya ia dulu bekerja sebagai supir disebuah keluarga Jepang, ketika keluarga Jepang tersebut akan kembali ke negaranya, keluarga Jepang itu mengajari nya membuat Takoyaki dan memberinya pan Takoyaki asli jepang kepada nya, dengan alasan sebagai bekal nanti kalau dia tidak mendapatkan pekerjaan lagi setelah di tinggal ke Jepang.  Akhirnya  ia mengikuti saran majikan Jepang nya itu, untuk berjualan Takoyaki, dan hingga sekarang wajan takoyaki asli Jepang tersebut masih di gunakan.

The package takoyaki Melawai Jakarta

Jadi buat penggemar takoyaki, rasanya sayang jika belum mencoba Mr. Takoyaki ini. Kelebihan Mr. Takoyaki ini adalah selain harga nya murah ukuran bola-bola tepung Takoyaki nya juga cukup besar jika dibandingkan dengan takoyaki-takoyaki yang banyak di jual di Mall. Selain itu potongan octopus nya juga besar dan banyak dan yang paling saya suka adalah taburan katsoibushi nya melimpah. Tapi untung nya sekarang Mr. Takoyaki tidak berjualan di dalam rumah makan padang lagi, tapi pindah ke depan pinggir jalan di depan rumah padang dan deretan restoran-restoran Jepang lainnya, masih dengan lampion kecil nya, menurut saya  dengan dia berjualan di pinggir jalan ini atmosfir nya sepeti benar-benar seperti di Jepang, karena memang Takoyaki  merupakan cemilan jepang yang di jajakan di Pinggir Jalan. Aduh jadi pengen makan Takoyaki.



4 responses to “Mr. Takoyaki”

  1. I’m a big fan of Takoyaki. Terlihat menggiurkan deh, tapi sayang, jaaauuuu pisan euy…
    Selain blok M ada lagi gak daerah lain, barat jakarta mgkn? Tau ga? 🙂

  2. dhenis says:

    ada baru lagi, mr. tako yaki hadir di di indomaret adyaksa(lebak bulus )

  3. Ira says:

    Mr. Takoyaki is also available in front of Indomaret near Blok A market.
    Open hour : 12:00-24:00

  4. desi says:

    Buat yang tinggal di bekasi Hayo dateng ke gerai takoyaki qu di daerah bekasi tepatnya di perumahan niaga puri cendana tambun selatan bekasi, tepatnya di depan reyhan motor,buka jam 3 sore ampe jam 21.30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *