Toko You

Bagi masyarakat Bandung, keberadaan Toko  You  pasti sudah tidak asing lagi. Bagaimana tidak, karena  Toko You sudah ada sejak tahun 1947. Pada awal nya  Toko You hanya menjual keju dan roti untuk memenuhi kebutuhan makanan kecil orang Belanda,  Namun seiring perkembangan jaman, muncul menu lainnya. Dan sekarang, Toko You  dikenal sebagai tempat nongkrong  yang Klasik.

Buat  saya dan Ichil, perkenalan kami dengan Toko You  berawal dari pertemanan kami dengan seorang penulis yang  buku nya sangat fenomenal  di Indonesia maupun di manca negara dan si pengarang  ini cinta banget sama Toko You sehingga  kalau kami ke Bandung pasti  janji bertemu nya di Toko You.

Tapi di awal-awal pertemanan kami, dia belum lah se terkenal sekarang, jadi dengan bebas kami bisa kongkow-kongkow di Toko You tanpa takut ada kamera infoteiment mengintai. Ditambah lagi oleh suasana Toko You yang nyaman dan makanan yang enak, kami jadi betah ber jam-jam ngobrol  ngalur ngidul, mulai dari cerita kampung halaman nya di sebuah Pulau yang cantik di Sumatra sana, rencana buku ke dua sampai ke mimpinya suatu hari nanti ada sutradara terkenal mau mengadopsi cerita dari bukunya tersebut.

Kembali ke Toko You, selain kenangan kami dengan si penulis buku terkenal itu, Kami memang suka dengan makanan nya terutama mie yamin, perlu diketahui Toko You membuat sendiri mie nya sehingga  kesegaran mie terjamin. Walau di di Bandung  kami mempuyai banyak tempat mie yamin Favorite, tapi mie yamin Toko You Bandung  masih sering kami sambangi.

Mie yamin manis Toko You Bandung

Selain Mie Yamin, masih banyak menu-menu lain yang bisa kita coba, baik itu masakan Cina, Eropa maupun masakan Indonesia. Tapi ada satu menu yang  menurut saya cukup menarik, yaitu Rawon Daging. Kalau dari penampilan nya sih rawon ini sama saja dengan rawaon-rawon biasanya, yaitu kuah hitam khas rawon yang terbuat dari kluwek, toge pendek yang segar dan tidak ketinggalan sepotong telur asin. Yang membuat rawon ini berbeda adalah si daging tidak dimasukan bersama kuah kluwek tapi dibuat  terpisah dan daging yang digunakan juga istimewa yaitu Tenderloin yang dipanggang. Menarik bukan ?

rawon bakar Toko You Bandung

Buat Ichil yang suka kopi  Asli Indonesia, ngopi di Toko You wajib hukum nya, karena Toko You menggunakan kopi  Aroma dari Jalan Banceuy 51 Bandung  yang sudah tersohor itu.

kopi aroma Toko You Bandung

Untuk makanan kecil boleh coba bakso goreng nya, jangan takut mengenai  ke halal an si Bakso goreng, karena bahan yang digunakan adalah campuran ikan dan ayam. Walaupun rasanya tidak terlalu istimewa, tapi tidak mengecewakan.

bakso goreng Toko You Bandung
Oh ya, bagi yang suka minum jamu, Toko You juga menjual aneka jamu tradisional yang diracik sendiri.  Jamu Favorite saya disini adalah jamu beras kencur, memang sih kedengeran nya aneh, abis makan mie yamin kok minum nya jamu, tapi percaya deh kalau ke Toko You wajib minum beras Kencur nya.

jamu beras kencur Toko You Bandung

Kembali ke penulis, sekarang teman kami itu sudah menjadi penulis yang sangat terkenal. Beberapa buah buku nya sudah terbit dan menjadi best seller, bahkan mimpi nya menggandeng sutradara terkenal yang membuat film dari buku nya pun sudah terwujud. Kami berdua pun ikut senang melihat keberhasilan nya itu. Tetapi dengan perubahan status nya yang kini sudah menjadi selebritis, besar kemungkinan si penulis terkenal tidak punya waktu lagi untuk menikmati angin sepoy-sepoy  di teras Toko You,  atau menyeruput kopi tubruk Aroma yang semerbak itu  atau bahkan makan mie yamin bakso kesukaan nya ??

Toko You
Jl. Hasanuddin no. 14, Bandung
Ph : 022.2503332
Jam buka  (Senin – Sabtu Jam 07.30 – 21.30 ) & ( Minggu / hari libur Jam 07.30 – 16.00 )



One response to “Toko You”

  1. Bayu Amus says:

    Kalau gw Feb dulu pernah declare Nasi Gorengnya sebagai yang ter-enak se-Bandung; cuma dari beberapa kunjungan terakhir the magic has gone…

    Siapa sih penulis terkenalnya itu? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *