Mie Kangkung

Miekangkung
Menu ini bisa menjadi menu buka puasa yang pas, karena rasa segar nya si kuah sangat cocok di nikmati pada saat berbuka. Di tambah lagi menu ini sudah cukup lengkap, karena sudah berisi karbohidrat, sayuran dan protein.

Rasa segar kuah berasal dari perasan jeruk nipis dan toucho manis, menurut saya toucho manis ini merupakan kunci dari kelezatan menu ini.

Buat saya yang menjalankan program Food combining saya harus menggantikan potongan ayam dengan jamur dan meniadakan telur puyuh nya, tapi hal tersebut tidak mengurangi kelezatan rasa, terbukti selama bulan puasa ini saya sudah dua kali membuat nya.

Menu saya dapatkan dari Ibu Fatmah Bahalwan nya NCC

Mie Kangkung

Bahan isi:

250 gr  udang kupas
250 gr  ayam rebus, potong dadu
100 gr  ebi, rendam, tiriskan
20 bh   bawang merah
10 bh   bawang putih
1000 cc air
½ sdt   lada halus
1 sdt   garam
1 sdm  kecap manis
450 gr  tauco manis

Cara membuat:
Tumis bawang merah dan bawang putih halus hingga wangi, masukkan ebi, tumis lagi sebentar, masukkan udang kupas dan ayam, aduk rata, masukkan tauco dan bumbu lain, tuangi air. Biarkan hingga mendidih dan bumbu meresap. Angkat.

Siapkan dalam mangkuk:
Mie rebus, Kangkung rebus, Daun kucai potong panjang, Tauge panjang, Bawang goreng, Telur puyuh, Jeruk limau dan Sambel.
Penyajian: Taruh mie rebus dalam mangkuk, beri kangkung dan lainnya, tuangi bahan isi, lalu atasnya diberi kucai, tauge, dan bawang goreng. Beri juga 3 bh telur puyuh.
Siapkan disampingnya jeruk limau dan sambel. Sajikan segera.



Comments are closed.