Sultana Cookies

Marhaban Ya Ramadhan, tidak sampai seminggu lagi umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan yang mulia, bulan suci ramadhan. Bersama ini Ingredients of Life mengucapkan mohon maaf lahir batin apabila ada kesalahan selama ini, sehingga sama-sama kita dapat memasuki bulan suci ini dengan hati yang bersih.

Setelah 1 bulan berpuasa maka sudah menjadi tradisi ketika hari lebaran, kita saling berkunjung dan bersilahturahmi, saat seperti ini adalah momen yang selalu ditunggu, rasanya akan lebih lengkap apabila kita dapat menyajikan atau membawakan sesuatu yang istimewa untuk bisa dinikmati bersama.

Sultana Cookies 3

Ingredients of Life memberikan alternatifnya, sebuah variant kue kering lebaran “Sultana Cookies”. Resep kue kering ini didapat dari nenek kami yang didapat sewaktu jaman penjajahan belanda, sangat original walau memang untuk bahan-bahan yang sekarang digunakan sudah sedikit di modernisasi seperti penggunaan essence vanilla yang jauh lebih modern dan lebih baik.

Sultana Cookies 1

Kue kering bertekstur sangat empuk dan tidak keras, dengan isian kismis didalamnya dan dibalut dengan campuran tepung serta butter di iringi dengan aroma vanilla, menambah sensai dari kue kering ini. Rasa manis dan gurih akan teramu sempurna sehingga memanjakan lidah, sehingga seringkali saya sebagai penikmat kopi menyandingkan sultana cookie dengan secangkir espresso.

Sultana1

Apabila anda ingin berbagi kenikmatan “Sultana Cookies” di hari Lebaran anda atau hanya sebagai teman minum kopi, Kami dengan senang hati membagi kenikmatannya “Sultana Cookies” dengan harga Rp. 60.000,- per 500 gram (diluar ongkir) dapat di pesan melalui ioflife2009@gmail.com

Selamat berpuasa kawan

Buat yang mau coba bikin sultana kukis atau mau di jual juga, monggo di coba resep nya :

Sultana Cookies

Sultana Kukis

Bahan:

3 1/4 gelas tepung terigu

1 gelas gula tepung

1 gelas mentega

1/4 kismis

1/4 gelas susu bubuk

1/2 sdt esens vanila

3 kuning telur

2 kuning telur untuk oles

susu kental manis secukup nya

Cara membuat
1. Kocok gula+mentega hingga putih, Masukan 3 buah kuning telur, Masukan susu bubuk, Masukan tepung, campur sampai kalis.
2. Timbang adonan dengan berat yang sama lalu di bagi empat.
3. Ratakan dua adonan pertama di 2 loyang ukuran 24×24, tabur kismis, rekatkan dgn skm. sisihkan
4. Ambil 2 loyang ukuran 24×24 yg lain, alasi plastik, letakkan adonan kedua di masing2 loyang, ratakan
5. Balik masing2 loyang yg berisi adonan tanpa kismis ke loyang yg berisi kismis, lepaskan plastiknya.
6. Tusuk dengan garpu
7. Oles dengan kuning telur
8. Oven 150 C kurleb 20 menit, Keluarkan lalu Potong2 sesuai dengan ukuran yang di inginakan Dan kembali di oven hingga matang.

*takaran gelas yang digunakan adalah gelas belimbing*

Parcel2_s



15 responses to “Sultana Cookies”

  1. Uuuummmm, saya paling senang makan kueee.
    Cuma, kolesterolnya………….naiiiikkkkk.
    Salam dari Euskadi

  2. Febee says:

    Kan cuman sekali setahun gpp mas..mumpung lebaran “bandel” dikit 🙂

  3. Wahyudi says:

    Uenakkk…sudah beli 4 toples.
    Si kecil juga doyan makanin cookies ini.. 🙂

  4. uNieQ says:

    Mba, makasih sharing resepnya yaaa.. Rencana nanti mo cobaaa.. Ijin dipakai jualan juga bisakah?? *ngelunjak*

    Many thanks ya mbaaa *peluk2* moga jadi berkah yaaa.. Amiiinnn

  5. chile says:

    Terima kasih kembali.. memang di sharing biar bisa coba..
    monggo kalau mau buat jualan juga, semoga kukisnya bisa menjadi barokah buat semuanya…
    amin

  6. endang says:

    thanks sharing resepnya……cuma bingung konversi ukurannya. kira2 gelas apa ya??? hehe…..

  7. Febee says:

    Mbak Endang, gelas yang di pake gelas belimbing, ukuran nya kurang lebih 200 cc

  8. lorent says:

    mbak, TFS. Mau tanya maksudnya adonan dibagi 4 gimana ya mbak?

  9. Febee says:

    Dear Mbak Lorent,
    Maksud adonan dibagi 4 itu begini..sultana kukis ini kan bentuk kue nya berlapis..jadi ada lapisan atas untuk dasar..tengah nya si sultana ..dan di tutup lagi dengan adonan untuk lapisan atas..sebenar nya pembagian itu tergantung dari loyang nya mbak..loyang yang saya pake ini ukuran 24 jadi termasuk kecil..satu adonan utuh itu saya bagi 4 dengan rincian : satu adonan untuk dasar dan tutup di loyang pertama dan satu adonan untuk dasar dan tutup di loyang kedua..jadi 4 adonan kan ? gitu mbak..kalo mbak pake loyang yang besar mungkin cukup di bagi dua saja..atas dan bawah…semoga penjelasan saya bisa dimengerti ya mbak…kalo masih bingung silahkan ditanyakan lagi…

    Salam
    Febee

  10. lorent says:

    Mbak Febee…

    Terima kasih bgt untuk penjelasannya ya..bener2 sangat ngebantu n ga sabar untuk nyoba bikin sultana ini..

    Sekali lagi thank u for sharing ya Mbak Fe…

  11. Hmmm.. kukis!!! … Slurpppp!!

  12. weeta says:

    hemmm…potonya tu lo…bikin yang liat gmnaaaa gt…boleh nyoba resepnya mbak…heee…

  13. lely says:

    Mba fe, kalo kismisnya diganti sama yang warna kuning, kira2 beda rasanya jadi gmn ya?

  14. Febee says:

    Halo Mbak Lely,

    boleh aja di ganti dengan kismis kuning..tapi mungkin rasa kismis nya lebih asin yah ?

  15. melly says:

    pas banget td disuruh ibu bwt sultana,,,ini resepnya mw langsung dpraktekin besok,,,mba sultana itu harus 2 lapis?klo bagian atasnya nanti dtabur keju namanya ttp sultana kukis ga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *